20 Januari 2015

test007

Puisi Jawa Ngapak

puisi_cinta_dalam_bahasa_jawa_ngapak_cilacap
Setelah sebelumnya  pujangga maya telah menuliskan beberapa kumpulan puisi cinta dan contoh-contoh pantun lucu jawa ngapak cilacap, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan puisi cinta bahasa jawa ngapak dengan kata kata romantis yang memang sangat khas cilacap - jawa tengah. Karena kebetulan juga pujangga maya adalah asli orang cilacap, dan jika saya diijinkan maka saya akan mengatakan dan menyebut diri saya bahwa saya adalah seorang pujangga jawa atau pujangga cilacap. Mohon maaf apabila di dalam isi puisi-puisi ini terdapat atau mengandung kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat, saya benar-benar mohon maaf. 

Terlebih untuk sobat yang memang bukan native bahasa jawa ngapak tetapi bahasa jawa medok yang serba menggunakan vocal o atau mungkin buat sobat yang biasa menggunakan bahasa jawa krama inggil dalam keseharianya. Karena bagi orang jawa yang bukan menggunakan bahasa jawa ngapak sebagai bahasa nativenya, tentu kata-kata dalam bahasa jawa ngapak ini akan terdengar seperti kasar dan tidak sopan. Tapi sebenarnya, bagi orang native jawa ngapak asli khususnya cilacap, itu sudah biasa dan tidak dianggap kasar atau tidak sopan. Untuk puisi cinta romantis dalam bahasa jawa ngapak ini masing-masing terdiri dari 3 bait dan 12 baris saja dan bukan 3 bait  9 baris.

Jatuh Cinta Merekna Angel Turu
(jatuh cinta bikin susah tidur)
oleh: Dino Joy

Saben mbengi ora teyeng turu
Kemutan kowe sing pancen ayu..
Kawit pertama dewek ketemu
Ndelengna aku karo ngguyu..

Ngguyumu ngresep maring njero dadaku
Sing tek krasa klepek-klepek nang atiku..
Nek turu teka terus nang ngimpiku
Terus dadi kembang-kembang turu ku..

Nek ketemu pengine tangane ngawe-ngawe
Seneng banget yakin aku karo kowe..
Siki aku ora arep nunda maning suwe-suwe
Rasa cinta kiye ukur nggo kowe..


Kelingan Kowe Terus
(teringat kamu terus)
oleh: Dino Joy

Mendung ireng kandel njememet
Kaya atiku sing agi komet..
Mikiri kowe sirahku mumet
Merekna batuku dadi anget

Awan mbengi aku kemutan
Karo kowe sing ketemu pas lebaran..
Tanganku dledeg wektu salaman
Apa maning wektu deleng-delengan..

Temenan aku seneng karo kowe
Moga-moga kowe urung ana sing nduwe..
Pokeke arep tek enteni walopun suwe
Ngantek bener-bener ulih cintane kowe..


Apa Kiye Sing Jenenge Cinta..?
(inikah namanya cinta..?)
oleh: Dino Joy

Jan, tek sawang-sawang ayu temen
Sedina bae ora ketemu aku kangen..
Nahan rindu sing wis kakeen
Apa iya kaya kiye sing jenenge demen..

Temenan nembe kiye aku bisa klakon
Jatuh cinta maring wong wadon..
Padahal nek ketemu isin arep takon
Angel arep ngrayu karo guyon..

Cinta, deneng kaya kiye rasane
Awan mbengi dadi nggrinsang temen hawane..
Saben dina ketemu terus pengine
Padahal nek ketemu ndledek atine..


Itulah sobat pujangga jawa cilacap semuanya, 3 puisi cinta romantis yang di tulis dalam bahasa jawa ngapak untk kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan sedikit manfaat buat sobat semuanya. Dan apabila ada kata-kata dalam puisi tersebut yang kurang berkenan dihati sobat, sama mohon maaf. Mungkin untuk waktu selanjutnnya, saya akan membuat dan menuliskan puisi cinta romantis dalam bahasa krama inggil yang halus dan artinya. Sekian dan terima kasih.

. . . .


Puisi - puisi yang terkait:

3 komentar:

  1. Lumayan temenan kang pujangga dari cilacap! puisi puisi cinta romantis bahasa jawa ngapak cilacape, mandan lucu juga koh. Kesuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kang, telah mampir dan membaca puisi puisi cinta romantis dalam bahasa jawa ngapak cilacap yang telah saya tulis. :)

      Hapus
  2. Tafsir ke bhs indonesia nya min..

    BalasHapus