5 Maret 2015

test007

Pantun Nasehat Agama Islam

pantun_agama
Sobat PujanggaMaya, setelah sering juga saya menuliskan puisi cinta kali ini saya akan menuliskan beberapa contoh-contoh tetang pantun nasehat agama Islam, setelah sebelumnya juga saya telah banyak menulis pantun cinta untuk rayuan gombal, pantun teka-teki untuk pemainan tebak-tebakan dan pantun lucu dalam bahasa jawa ngapak.

Pantun-pantun yang akan saya tulis ini sangat berkaitan dengan agama Islam yang berupa nasehat-nasehat. Mungkin secepatnya saya akan menambahkan koleksi dan contohnya untuk sobat semuanya. Karena sangat terbatasnya waktu dan mood saya untuk mengarang dan menulisnya dalam jumlah banyak. 

Pantun Nasehat Islami

oleh: Dino Joy
Silahkan baca juga: kata kata dino joy tentang kehidupan.

Naik kereta,
di hari selasa..
Janganlah menangis karena cinta,
tapi menangislah karena dosa..

Jalan-jalan naik kuda,
di pesimpangan bertemu janda..
Penderitaan akan selalu ada,
selama tak ada keikhlasan didalam dada..

Indah embun di rerumputan,
berkilauan bagai berlian..
Hidup itu adalah pilihan,
maka pilihlah jalan hidup sesuai iman..

Burung kenari burung pipit,
hinggap dan berkicau cuit-cuit..
Meskipun beban hidup kian menghimpit,
Tetaplah istiqomah disaat sempit..

Panas-panas minum es belewah,
sesudah makan dengan ikan bawal..
Teruslah berusaha jangan menyerah,
kepada Allah lah kita betawakal..

Suku dayak,
bercocok tanam..
Buat apa uang banyak,
Kalau didapat dengan cara haram..

Ada gadis perawan,
paling cantik dikampungnya..
Hormatilah ibumu kawan,
karena surga ada ditelapak kakinya..

Beli cornet ikan tuna,
belinya ditoko pak haji..
Janganlah engkau dekati zina,
Karena sungguh itu perbuatan keji..

Sudah tiga bulan jualan rumah,
ada yang beli orang kaya..
Dunia ini memang indah,
Tapi jangan sampai kau terperdaya..


Beli tv beserta antena
Setelah di pasang nonton bola Persib vs Persija..
Wahai manusia janganlah berzina
Jika tak tahan menikah lah saja..

Paling enak makan di pesta
Kalau di rumah menunya biasa..
Janganlah menangis karena cinta
Tapi menangislah karena dosa..

Ada harimau di hutan belantara
Janganlah kesana karena itu berbahaya..
Hidup di bumi hanya sementara
Pergunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya..

Naik delman di tarik kuda
Melintasi desa dan rawa-rawa..
Harta tak di bawa saat kau tiada
Amal Sholehlah yang akan kau bawa..

Setelah senin hari selasa
Kemudian hari rabu setelahnya..
Jika kau sadar telah berdosa
Cepatlah bertaubat memohon anpun padaNya..

Ke kebun binatang melihat rusa
Ada banyak sekali pengunjungnya..
Begitu sering kita berbuat dosa
Berjanjilah tak akan lagi mengulanginya..

Bunga besar bunga raflesia
Bunga kecil bunga melati..
Cepatlah taubat wahai manusia
Janganlah menunggu sampai kau mati..

Di pohon mawar ada duri
Tidak seperti bunga melati..
Sholatlah engkau setiap hari
Supaya mendapatkan ketenangan hati..

Indahnya sore di cakrawala
Sayang sekali tak pernah berlangsung lama..
Kecantikan wanita bukanlah segala
Tapi ahlaknya lah yang paling utama..

Makan mendoan di kantin sekolah
Minumnya teh sisri bersama Dullah..
Maaf jika aku telah berbuat salah
Kasih tahu aku Insya ALLAH aku akan segera berubah..

Hari minggu mancing dikali,
di pinggiran melihat buaya..
Hidup di dunia hanya sekali,
maka jalanilah dengan sebaik-baiknya..


Itulah beberapa koleksi contoh-contoh pantun tentang nasehat dalam agama islam yang bisa saya tulis untuk saat ini. Semoga bisa memberikan sedikit manfaat untuk sobat pujangga semuanya. Terima kasih atas kunjungan sobat di blog ini.

. . . .


Puisi - puisi yang terkait:

8 komentar:

  1. Lumayan bagus bro, saya suka dengan contoh-contoh pantun dengan tema islam tentang nasehat yang seperti ini. Terus tambah koleksi pantunnya aja bro... makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rizki: terima kasih atas kunjungan dan membaca beberapa contoh pantun dengan tema islami tentang nasehat agama ini. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. Mantap saya ijin copy ya bro..thx

      Hapus
    3. Silahkan, tapi jika untuk di republish di blog harap tetap mencantumkan PujanggaMaya.Com sebagai sumbernya. Terima kasih. :)

      Hapus
  2. Terima kasih atas pantun pantun nasehat tentang agama islam yang audah di tulis diatas. Menurut saya bermanfaat untuk nasehat muda mudi dan nasehat anak-anak remaja di jaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Syahrir: terima kasih juga telah berkunjung dan membaca pantun tentang nasehat agama yang sudah saya tulis.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Boleh, silahkan gan. Tapi harap tetap mencantumkan sumbernya :)

      Hapus